Untuk Direnungkan

....Apabila beliau sampai pada ayat yang mengandung tasbih, beliau bertasbih. Apabila sampai pada ayat yang mengandung permintaan, beliau meminta (berdoa). Dan apabila sampai pada ayat yang mengandung perlindungan, beliau berta'awwudz (memohon perlindungan).(Riwayat Imam Muslim di dalam kitab Shohihnya) Hadits dari sahabat Hudzaifah ibnu Yaman. Dari Kitab Al Adzkar Imam Nawawi Rohimahulloh. Dalam subbab "Hal yang harus dilakukan setelah membaca ayat rahmat dan ayat azab"

Tuesday, November 13, 2012

Pengakuan dan Harapan



1/ Terutama dari kalangan penyair dan sufi, banyak kita jumpai munajat yang berisi pengakuan dan sekaligus harapan…

2/ seperti munajatnya Abu Nuwas yang mengakui ketidak pantasannya menghuni sorga Firdaus; tentu karena merasa banyak dosa ...

3/ Harapannya Tuhan akan mengampuni dosa2nya. Penyair Mesir Ahmad Rami menerjemahkan Rubaiat-nya Omar Khayyam yang dinyanyikan …

4/ oleh penyanyi legendaris Om Kolthoum, a.l berisi munajat Omar : "In lam akun akhlastu fï thã'atiK fainnanï athma'u fï rahmatiK/

5/ Wainnamã yasyfa'unï annanï qad isytu lã usyriku fï wahdatiK." "Kalau pun aku tidak tulus di dalam mentaatiMu, aku masih berharap..

6/ akan belas-kasihanMu/ Yang kuharapkan menolongku: aku telah hidup tanpa menyekutukan keesaanMu."

7/ Penyair sufi atau Sufi penyair Ahmad Badawi bermunajat: "Ilahï, tub wajud warham ubaidan/ minal auzãri madma'uhu yasiil/

8/ Ilahï tsaubu jismï danasathu/ dzunübun himluhã Abadan tsaqïl" "Tuhanku, ampunilah, bermurahlah, dan kasihanilah hamba kecil ini/

9/ yang karena dosa2nya, airmatanya terus mengalir/ Tuhanku, pakaian badanku telah dinodai selamanya oleh dosa2 yang berat sekali."

10/ Imam Busyeiry, Penyair madah yang terkenal dengan Kasidah Burdahnya, setelah panjang lebar mengakui dosa2nya di waktu muda,

11/ menyatakan pengharapannya yang sangat menarik: "La'alla rahmata Rabbï hïna yaqsimuhã/ ta'tï 'alã hasabil 'ishyãni fil qisami."

12/ "Semoga rahmat Tuhan saat dibagi kelak, pembagiannya disesuaikan dosa2." Maksudnya, yg dosanya banyak mendapat rahmat banyak.

13/ Penyair masyhur kita Chairil Anwar, dalam sajaknya , bermunajat: "Tuhanku// aku hilang bentuk/remuk//Tuhanku/ aku mengembara …

14/ di negeri asing// Tuhanku/ di pintumu aku mengetuk/ aku tidak bisa berpaling. Presiden Penyair Indonesia Sutardji Calzoum Bahri…

15/ yang pernah dijuluki Penyair Bir (Bandingkan dg Abu Nuwas yang dijuluki Penyair Anggur), dalam puisinya IDUL FITRI, bermunajat:

16/ "O lihat Tuhan, kini si bekas pemabuk ini/ ngebut/ di jalan lurus/ Jangan Kau depakkan lagi aku ke trotoir/ tempat usia lalaiku …

17/ menenggak arak di warung dunia/ Kini biarkan aku menenggak arak cahayaMu/ di ujung sisa usia."





0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...